KAMPANYE HITAM


DEFINISI KAMPANYE HITAM

Kampanye hitam adalah sebuah upaya untuk merusak atau Mempertanyakan reputasi seseorang, dengan mengeluarkan propaganda negatif. Hal ini dapat diterapkan kepada perorangan atau kelompok. Target-target umumnya adalah para jabatan publik, politikus, kandidat politik, aktivis dan mantan suami. Istilah tersebut juga diterapkan dalam konteks lainnya seperti tempat kerja. Frase “kampanye hitam” dalam bahasa Inggris (smear campaign) menjadi populer dari sekitar tahun 1936. (Wikipedia)
Kampanye hitam adalah kampanye yang bertujuan untuk membunuh karakter seseorang atau produk yang menjadi kompetitor. Namun, informasi yang disampaikan dalam kampanye hitam adalah fitnah, kebohongan, atau tuduhan tanpa bukti. (Maxmanroe.com)
Kampanye hitam (Black campaign) adalah Penggunaan metode rayuan yang merusak, sindiran atau rumors yang tersebar mengenai sasaran kepada para kandidat atau calon kepada masyarakat agar menimbulkan presepsi yang dianggap tidak etis terutama dalam hal kebijakan publik. komunikasi ini diusahakan agar menimbulkan fenomena sikap resistensi dari para pemilih, kampanye hitam umumnya dapat dilakukan oleh kandidat atau calon bahkan pihak lain secara efisien karena kekurangan sumber daya yang kuat untuk menyerang salah satu kandidat atau calon lain dengan bermain pada permainan emosi para pemilih agar pada akhirnya dapat meninggalkan kandidat atau calon pilihannya.Secara umum yang disebut dengan kampanye hitam adalah menghina, memfitnah, mengadu domba, menghasut, atau menyebarkan berita bohong yang dilakukan oleh seorang calon/ sekelompok orang/ partai politik/ pendukung seorang calon, terhadap lawan mereka. Ini berbeda dengan menyampaikan kritik terhadap visi dan misi atau program calon tertentu; yang tidak tergolong black campaign. (Blog Seputar Pengertian)

BEDANYA KAMPANYE HITAM DENGAN KAMPANYE NEGATIF

Menurut Kasubnit V Subdit IV Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kompol Nur Said, menjelaskan kampanye hitam dan kampanye negatif dapat dibedakan dengan dari dua hal. Pertama, soal sumber komunikator dan kebenaran akan pesan dan tujuan.
” Ukurannya Pasal 69, kemudian kalau (negative campaign) sumber komunikator jelas, black campaign asal-asalan,” kata Said di Hotel Falatehan, Kebayoran Baru, Jaksel, Selasa (26/2/2018).
Selanjutnya, kampanye negatif dan kampanye hitam juga dapat dibedakan oleh kebenaran pesan dan tujuannya.
“Kebenaran pesan, kalau ini (black campaign) tidak benar atau mengada-ngada. Tujuannya mendiskreditkan karakter seseorang,” jelasnya.
Menurut Mahfud MD, ada perbedaan mengenai kampanye hitam dan negatif. Kampanye hitam adalah fitnah sedangkan kampanye negatif mengungkap sisi negatif lawan sesuai fakta. Yang bisa mendapat hukuman pidana adalah kampanye hitam karena mengandung unsur fitnah. Dikatakan dalam tweet-nya, Mahfud MD menyarankan agar kampanye dilakukan dengan adu program, nggak perlu adanya kampanye hitam ataupun negatif.
“Black campaign adl kampanye yg penuh fitnah dan kebohongan ttg lawan politik. Negative campaign adl kampanye yg mengemukakan sisi negatif/kelemahan faktual ttg lawan politik. Negative campaign tdk dilarang dan tdk dihukum krn memang berdasar fakta. Yg bs dihukum adl back campaign.”
Seperti halnya Mahfud MD, Agung Suprio, seorang pengamat politik dari Universitas Indonesia, setuju bahwa kampanye hitam tidak mempunyai dasar fakta yang kuat. Kampanye hitam lebih mirip menuduh dan fitnah karena tidak ada dasar kebenarannya. Efeknya, kampanye hitam bisa merusak demokrasi yang dijunjung tinggi dalam pemilihan umum. Kampanye hitam memang harus dihindari, tetapi kampanye negatif, menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, justru harus dipelihara dalam budaya politik.

PENYEBAB TERJADINYA KAMPANYE HITAM

1. Adanya faktor psikologis-politis. Informasi politik dan publik semakin banyak dibahas di media sosial meningkatkan preferensi psikologis pemilih terhadap figur kandidat tertentu dengan segala latar belakangnya. Pemilu atau pilkada yang berlangsung pasca reformasi lebih banyak didorong oleh figur yang menciptakan “lovers” dan “haters”nya sendiri.
2. Adanya faktor sosiologis-politis, dimana kelompok-kelompok politik yang gagal bertarung dengan “elegan” dengan mengusung program, kelompok korban kebijakan diskriminatif, kelompok intoleran, rendahnya kepercayaan pada sistem demokrasi, dan lain-lain kembali kepada isu-isu primordial dan mengeksploitasinya untuk pemenangan politik.
3. Adanya faktor ekonomi-politik. Terkesan rasional, kampanye didorong oleh motif-motif keuntungan ekonomi dari pertarungan politik yang sedang berlangsung. Kekuatan ekonomi ini dapat juga menggunakan faktor pertama dan kedua demi menyelamatkan bisnis.

CARA YANG BIASANYA DIPAKAI UNTUK KAMPANYE HITAM

1. Menyebarkan kejelekan atau keburukan tentang seseorang politikus, dengan cara memunculkan cerita buruk di masa lalunya, menyebarkan cerita yang berhubungan dengan kasus hukum yang sedang berlangsung, atau menyebarkan cerita bohong atau fitnah lainnya.
2. Untuk menguatkan cerita tersebut biasanya si penyebar cerita akan menyertakan berupa bukti foto. Foto-foto tersebut bisa saja benar-benar terjadi, bisa juga benar-benar terjadi tapi tidak terkait langsung dengan permasalahan, namun si penyebar foto berharap asumsi masyarakat terbentuk atau bisa juga foto tersebut hasil rekayasa / manifulasi dengan bantuan teknologi komputer.
3. Yang lebih hebat lagi adalah apabila dimunculkan saksi hidup yang bercerita perihal keburukan, atau pekerjaan jahat si politikus, baik di masa lalu maupun yang masih belum lama terjadi.

          CONTOH KASUS KAMPANYE HITAM

Contoh kampanye hitam adalah:
1. Fitnah
2. Hasut
3. Hoax
Selengkapnya,bisa cek di referensi.

CARA MENGHADAPI KAMPANYE HITAM

1.Terima kenyataan bahwa kita akan selalu hidup dalam dunia dengan multi-interpretasi.
2. Cermati reputasi media penyampai berita. Tentu ada media yang punya indikasi berpihak. Namun media yang baik biasanya selalu berusaha menjaga fairness dan integritas.
3. Cermati penulis artikel. Setiap penulis punya sejarah pemikiran yang tidak muncul dari ruang vakum dan akan meninggalkan jejak yang mencerminkan integritasnya.
4. Selidiki cerita versi lawan(kompetitor). Bantahan dari pihak lawan adalah obat yang paling tokcer terhadap pikiran picik yang datang dari racun kampanye hitam. Walaupun tidak menyetujui argumen dari pihak kompetitor, mendengar secara berimbang argumen dari kedua pihak sebelum mengambil kesimpulan adalah praktek yang selalu bermanfaat.
5. Cermati nilai-nilai yang menjadi dasar suatu kampanye hitam. Mengapa Jokowi diisukan kurang Islam? Atau mengapa Prabowo diisukan ditolak Abraham Samad? Pihak mana yang coba diambil hatinya oleh kampanye hitam tersebut?
6. Pahami kelakuan media pembawa berita. Adalah wajar kalau media kadang terlihat berpihak, bahkan ketika tidak ada kampanye hitam. Jurnalis yang baik selalu berusaha menampilkan berbagai versi cerita sekaligus untuk mencapai keseimbangan. Yang patut dicermati juga adalah kelakuan media jurnalisme warga (citizen journalism) seperti Kompasiana. Ada kalanya, trending article justru bukan artikel dengan kaidah yang baik, melainkan artikel-artikel yang paling provokatif. Terima kondisi itu dan silakan melakukan analisis dengan cermat.
7. Cobalah melakukan proses falsification (pembuktian bahwa sesuatu adalah salah). Dalam filsafat science, Karl Popper menganjurkan falsification. Adalah lebih mudah untuk mencari konfirmasi atau verifikasi dari suatu teori daripada falsifikasi. Sehingga proses falsifikasi justru bisa menghasilkan kesimpulan/teori yang lebih kuat. Jika Anda pendukung Jokowi, coba pikirkan cara jitu jatuhkan Jokowi! Jika anda gagal, maka kesimpulan bahwa Jokowi adalah capres yang lebih baik akan makin kuat. Jika anda berhasil, mungkin memang capres lawan yang lebih kuat.

Referensi:

1. Kampanye HItam – https://id.wikipedia.org/wiki/Kampanye_hitam >> Jay C. Thomas, Michel Hersen (2002) Handbook of Mental Health in the Workplace
2. Pengertian Kampanye Secara Umum, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-Jenis Kampanye – https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-kampanye.html
6. Pengaruh Kampanye Hitam dan Pencitraan Politik Dalam Pemilu di Indonesia – https://satuislam.org/pengaruh-kampanye-hitam-dan-pencitraan-politik-dalam-pemilu-di-indonesia/
7. Inilah Perbedaan Kampanye Hitam dan Negatif. Pelaku Kampanye Hitam Bisa Masuk Penjara Lho – https://www.hipwee.com/feature/inilah-perbedaan-kampanye-hitam-dan-negatif-pelaku-kampanye-hitam-bisa-masuk-penjara-lho/
10. Contoh Kampanye Hitam bisa dicek di: