Wisata Hutan Pinus Limpakuwus


Hutan Pinus Limpakuwus adalah sebuah kawasan hutan yang merupakan bagian dari ekosistem Gunung Slamet yang terletak di Gunung Slamet bagian selatan. Lebih tepatnya di kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

View this post on Instagram

 

Bolehlah main kesini, kami sangat welcome. 😅 Tapi maaf 🤗, tolong buanglah sampah pada tempatnya. Ingat yah sampah, bukan mantan. Eh Jangan cuma menikmati keindahan alamnya tapi jaga juga kebersihannya.

A post shared by Limpakuwus Photography (360°) (@limpakuwus360) on


Hutan pinus memanjang dari Sungai Pelus (Hutan Damar), kearah timur hingga … (hingga mana hayo?) dan dari savana milik BPTU-HPT Baturraden ke utara hingga Jalan Hutan (Gili Anyar, sebutan warga Limpakuwus). Sejarah awal pengelolaannya sebenarnya baru beberapa tahun belakangan ini yang dimulai oleh sekelompok orang yang memperkenalkannya ke netizen melalui sosial media. Kemudian secara perlahan, Pemdes Limpakuwus sedikit khawatir dengan aktivitas ini. Ditakutkan akan terjadi seperti beberapa wisata lain yang dianggap sebagai pungli.

Lokasi Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Lebih tepatnya sebelah utara peternakan sapi BPTU Farm Limpakuwus. sebelah timur laut Telaga Sunyi / Baturraden Adventure Forest. Jarak dari pusat kota Purwokerto sekitar 40 menit perjalanan kendaraan bermotor atau sekitar 20 menit dari Obwis Baturraden.

Awalnya akses utama ke Hutan Pinus ini berada disebelah timur peternakan sapi BPTU-HPT Baturraden farm Limpakuwus, namun secara perlahan dipindah ke barat (sekitar 3KM dari tempat semula/sekitar tempat penyelenggaraan turnamen Off-road dan motocross beberapa tahun yang lalu). Kemudian dibawah Pemdes Limpakuwus, muncullah organisasi LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) untuk mengelola Hutan Pinus dengan Ijin resmi kepada dinas terkait di Kabupaten Banyumas.

View this post on Instagram

Berhubung banyak banget nih yang penasaran pengen ke @hutanpinuslimpakuwuss nih saya tag akun resmi dari pengelola Hutan Pinus. Berikut ini sedikit deskripsi dan sejarahnya: Hutan Pinus Limpakuwus adalah sebuah kawasan hutan yang merupakan bagian dari ekosistem Gunung Slamet yang terletak di Gunung Slamet bagian selatan. Lebih tepatnya di kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Hutan pinus memanjang dari Sungai Pelus (Hutan Damar), kearah timur hingga … (hingga mana hayo?) dan dari savana milik BPTU-HPT Baturraden ke utara hingga Jalan Hutan (Gili Anyar, sebutan warga Limpakuwus). Sejarah awal pengelolaannya sebenarnya baru beberapa tahun belakangan ini yang dimulai oleh sekelompok orang yang memperkenalkannya ke netizen melalui sosial media. Kemudian secara perlahan, Pemdes Limpakuwus sedikit khawatir dengan aktivitas ini. Ditakutkan akan terjadi seperti beberapa wisata lain yang dianggap sebagai pungli. Awalnya akses utama ke Hutan Pinus ini berada disebelah timur peternakan sapi BPTU-HPT Baturraden farm Limpakuwus, namun secara perlahan dipindah ke barat (sekitar 3KM dari tempat semula/sekitar tempat penyelenggaraan turnamen Off-road dan motocross beberapa tahun yang lalu). Kemudian dibawah Pemdes Limpakuwus, muncullah organisasi LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) untuk mengelola Hutan Pinus dengan Ijin resmi kepada dinas terkait di Kabupaten Banyumas. Hingga sekarang, akses ke Hutan Pinus Limpakuwus sudah mudah dan sekarang terletak di sebelah timur wisata Baturraden Adventure Forest dan Telaga Sunyi. #PesonaIndonesia #IndonesiaKeren #BanyumasExplore Foto: Google Street View oleh @fitrianto.f

A post shared by Limpakuwus Photography (360°) (@limpakuwus360) on